Jeda Tiga Nafas

Jeda Tiga Nafas merupakan jeda yang kita lakukan dengan benar-benar mengalami tiga nafas kita.

Seringkali, latihan ini diartikan sebagai mengambil nafas dengan sengaja sebanyak tiga kali. Namun menarik nafas sebanyak tiga kali dengan sengaja tidak sama dengan mengalami tiga nafas. Kita bernafas tanpa perlu berupaya, sedemikian sehingga kita jarang menyadari nafas kita dan bahkan, merasa sulit ketika diminta untuk memperhatikan nafas selama beberapa waktu.

Gambar oleh Christelle Prieur dari Pixabay

Mengalami nafas berarti merasakan nafas seperti apa adanya, mengalami nafas kita yang tidak persis sama dari satu nafas ke nafas berikutnya, bernafas seperti apa adanya, tanpa perlu mengubah cara ataupun sensasi nafas yang kita alami.

Ketika kita mengalami nafas seperti apa adanya selama tiga nafas, itulah Jeda yang kita berikan kepada diri sendiri dan sekitar kita, selama tiga nafas.

Jeda Tiga Nafas ini adalah salah satu latihan dalam Berkesadaran yang paling praktis karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Mata boleh ditutup, boleh dibuka. Postur tubuh boleh sedang duduk, berdiri, ataupun berbaring. Dilakukannya bisa ketika menunggu meeting mulai, menunggu lampu merah berubah menjadi hijau, menunggu panggilan telpon kita diangkat oleh penerima telpon, ataupun di saat-saat kita perlu berjeda sejenak.

Latihan sederhana ini memberikan kita kesempatan untuk memutus rantai pikiran kita yang sangat cepat dan melelahkan, juga memberikan kita ruang bagi sedikit kejernihan dalam batin sebelum memulai ataupun melanjutkan aktivitas apapun.”

Adopt the pace of nature. Her secret is patience.
“Melangkahlah selaras dengan alam. Kesabaran adalah rahasianya.”
~ Ralph Waldo Emerson

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s